Jumat, 15 Mei 2009

HUBUNGAN DENGAN INDIA

Perdagangan

Selain menjadi penghubung antara dua benua, Indonesia juga terletak dalam jalur perdagangan antara dua pusat perdagangan kuno, yaitu India dan Cina. Namun hubungan dagang Indonesia - India lebih dahulu terjadi daripada Indonesia - Cina, karena sudah terjadi sejak zaman Prasejarah.

Kesamaan Fisik

Di India Selatan terdapat suku bangsa yang memiliki kesamaan ciri fisik dengan suku - suku bangsa di Indonesia. Misalnya Suku Parawar dan Shanar.

Kitab - Kitab Kuno

Selain itu kebudayaan Indonesia juga disebutkan dalam kitab - kitab kuno India maupun kitab kuno bangsa Barat. Dalam kitab Jataka (kehidupan sang Buddha) disebutkan Suvarnabhumi, artinya negeri yang memerlukan perjalanan jauh dan penuh bahaya untuk mencapainya. Suvarnabhumi berarti Pulau Emas. Sedangkan kitab Ramayana menyebutkan nama Yawadwipa ( pulau Jawa). Kitab ini juga menyebutkan nama Suwarnadwipa, artinya Pulau Emas juga. sekarang nama Suwarnadwipa adalah Pulau Sumatera.

Ada pula kitab Barat yang berjudul Periplous tes Erythras thalases merupakan kitab pedoman berlayar si Samudera Hindia. KItab ini ditulis oleh nahkoda Yunani - Mesir pada awal tarikh Masehi. Sumber kitab barat lain adalah Geographike Hyphegesis, ditulis oleh Claudius Ptolomeus, seorang Yunani di Iskandaria pada abad kedua Masehi. KItab ini berisi petunjuk membuat peta. Satu hal paling penting kitab ini menyebut Iabadiou (pulau jelai). Ywa dalam bahasa Sansekerta berarti Jelai. Diou dalam bahasa Pakrit adalah diwu - dalam bahasa Sansekerta dwipa (pulau) -. jadi Iabadiou adalah Pulau Jawa.

Perdagangan

Motivasi kedatangan orang India ke Indonesia adalah berdagang. Barang yang diperdagangkan adalah logam mulia, perhiasan, tenunan barang pecah belah dan bahan baku kerajinan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar